UNRAS Pensiunan PT Krakatau Steel Grup Memperjuangkan Haknya di KemenBUMN dan Istana Merdeka

Jakarta, Kamis – 29 Agustus 2024. Unjuk Rasa (UNRAS) PPKS (Perhimpunan Pensiunan Krakatau Steel) di KemenBUMN dan di IRTI Monas Jakarta dengan jumlah peserta sekitar 300 orang.

Tujuan UNRAS untuk Meminta ke Menteri BUMN dan Presiden RI untuk Menyehatkan dan Memajukan PT Krakatau Steel. Juga Menyehatkan Dana Pensiun Krakatau Steel serta Mengembalikan Hak Pensiunan KS/KSG yg dihapus semena – mena oleh KS (Pendiri Dana Pensiun KS, disingkat DPKS atau DAPEN-KS) dari Peraturan Dana Pensiun Krakatau Steel (PDP- KS) sejak tahun 2020.

Kronologis kejadian sebelum Unras, Thn 2020, Peraturan Dana Pensiun (PDP) – KS thn 2009 yang saat itu sedang berlaku, diubah oleh PT KS (Pendiri DAPEN – KS) secara semena-mena dengan menghapus sebagian Hak Pensiunan KS/KSG.

Dengan dihapusnya Hak Pensiunan KS/KSG tsb, PT KS terlepas dari kewajiban ke DAPEN – KS sebesar USD 100 Juta atau sktr Rp 1,5 Trilyun (saat itu 1 USD = Rp 15.000). Dengan terlepasnya kewajiban tersebut. PT KS mengakui sebagai Pendapatan lain-lain dari kebijakan tersebut dan meraih Keuntungan besar pada tahun Kinerja 2020 tersebut, setelah sebelumnya PT KS selalu rugi besar selama 8 tahun berturut-turut sejak thn 2012.

Yang membuat Pensiunan KS/KSG merasa dirampok dan dizhalimi, karena selain PT KS mengakui sebagai Pendapatan sebesar sekitar Rp 1,5 T tersebut dan meraih Keuntungan besar pada thn Kinerja 2020, PT KS tetap membayar kewajiban ke Krediturnya, sementara Kewajiban ke DAPEN – KS malah dihapus, yang mengakibatkan sebagian dari Hak Pensiunan KS/KSG hilang.

Selain itu, sejak thn 2020 s/d 2022 PT KS selalu menyampaikan ke Publik (sebagai Perusahaan Tbk) untung, sementara ke Pensiunan KS/KSG, PT KS selalu beralasan kondisi PT KS sedang pada Titik Nadir. Pensiunan KS/KSG akan tetap menuntut ke PT KS agar Hak Pensiunan KS/KSG yg dihapus tersebut dikembalikan.

Kami sudah bertemu dengan DIREKSI – KS secara resmi beberapa kali selama lebih dari 1,5 thn terakhir. Kami juga sudah Audiensi ke OJK sekitar bulan Okt 2023 dan ke KemenBUMN sekitar bulan Nov 2023 dan Jun 2024. Kami juga sudah Unjuk Rasa di Kantor PT KS di Jakarta sekitar bulan Agust 2023, di Kantor PT KS di Cilegon 7x dan di KemenBUMN bln Nov 2023 dan di KemenBUMN + Lingk Istana Negara bln Juni 2024.

Pensiunan KS/KSG akan terus menuntut ke PT KS untuk mengembalikan Hak kami yg hilang sampai berhasil dan meminta Presiden RI dan Menteri BUMN (sebagai Wakil Pemegang Saham Mayoritas PT KS) untuk membantu penyelesaian. Terakhir kami UNRAS di KemenBUMN & di Lingk Istana Merdeka Jkt pada bula Juni 2024, karena Surat menyurat kami 2x masing-masinf dalam waktu sekitar 2 bulan tidak pernah direspon. Tujuan kami UNRAS dan meminta waktu Audiensi ke MenBUMN dan ke Presiden, meminta agar pengembalian Hak kami dimasukkan ke dalam Rencana Restrukturisasi KS yg rencananya akan dimintakan persetujuan di RUPS pada awal bulan Sept 2024.

Karena sampai sekarang Solusi baik dr KS, MenBUMN dan Presiden RI, tetap belum ada dan Surat menyurat yang sudah 2x dalam waktu sekitar 2 bulan juga tidak direspon, makanya kami kembali UNRAS kali ini, sekalian meminta waktu Audiensi. Kalau tuntutan kami tetap tidak dipenuhi oleh PT Krakatau Steel dan Menteri BUMN & Presiden RI juga mengabaikan tuntutan kami atau tidak membantu penyelesaian, Pensiunan KS/KSG akan melanjutkan
perjuangan sampai kapanpun, sampai tuntutan pengembalian Hak Pensiunan kami terpenuhi.

Leopold Sitompul atau Leo
(Anggota Tim Kecil Wakil Pensiunan KS/KSG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *