Inggris resesi ekonomi

Inggris Resesi Ekonomi

Inggris resesi ekonomi, Ekonomi Inggris tergelincir masuk ke jurang resesi ekonomi setelah pertumbuhan ekonomi tercatat minus 0,3 persen pada kuartal IV-2023 yang dirilis, Kamis (15/2).

Pada kuartal III, ekonomi negara itu terkontraksi 0,1 persen. Artinya, resmi resesi karena pertumbuhannya minus dua kuartal berturut-turut. ‘’Semua sektor utama melemah pada kuartal ini, dengan manufaktur, konstruksi dan perdagangan grosir menjadi penghambat utama pertumbuhan,’’ ujar Direktur Kantor Statistik Nasional (ONS) Inggris Liz McKeown dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari CNN.

Kondisi tersebut menjadi kinerja terburuk sejak 2009. Di mana, saat itu perekonomian masih belum pulih dari krisis keuangan global.

Sementara itu,  Menteri Keuangan Inggris Jeremy Hunt mengatakan, inflasi yang tinggi masih menjadi penghalang terbesar terhadap pertumbuhan ekonomi Inggris. Sehingga, memaksa Bank of England untuk mempertahankan suku bunga tinggi dan menghambat pertumbuhan ekonomi Inggris. ‘’Tetapi ada tanda-tanda perekonomian Inggris mulai membaik,’’ ujarnya

Profil Singkat

Perekonomian Inggris merupakan salah satu perekonomian terbesar di dunia, dengan PDB per kapita rata-rata £ 22.907. Inggris menerapkan sistem ekonomi pasar campuran; yang mengadopsi sebagian besar prinsip-prinsip pasar bebas, tetapi tetap mempertahankan infrastruktur kesejahteraan sosial. Mata uang resmi di Inggris adalah pound sterling ( GBP).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *