BNPT Raih Apresiasi DPR atas Efektivitas Penanggulangan Terorisme di Tengah Keterbatasan Anggaran

Jakarta, asianewsroom.com – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT RI) terus mencatatkan kinerja maksimal dalam upaya penanggulangan terorisme di tanah air, meskipun di tengah keterbatasan anggaran. Kinerja BNPT yang efektif ini mendapatkan apresiasi dari sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) berkat output kinerja yang baik dan serapan anggaran yang efisien.

Wakil Ketua Komisi III DPR, Dr. Habiburokhman, S.H., M.H., menyampaikan pujiannya dalam rapat kerja di Gedung Parlemen, Jakarta, Kamis (27/6/2024). “Kami sampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada BNPT dan juga kepada Polri, terutama Densus 88. Tadi disampaikan Pak Kepala soal zero terrorist attack, alhamdulillah sudah cukup lama tidak satupun terjadi,” ujarnya.

Wakil Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini juga mengapresiasi peran BNPT dalam mengamankan pelaksanaan World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali pada 18-25 Mei 2024. “Salah satu yang cukup penting adalah terlaksananya World Water Forum di Bali dengan lancar, di mana teman-teman BNPT terlibat aktif dalam pencegahan dan pengamanan. Terima kasih sekali lagi Pak,” tambahnya.

Dukungan serupa datang dari anggota Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Drs. M. Nurdin, M.M., yang memberikan penghargaan atas kinerja BNPT. “Kami memberikan apresiasi terhadap capaian tugas yang sangat memuaskan, bahkan ada yang melebihi target,” katanya.

BNPT berhasil mencatatkan zero terrorist attack sepanjang 2023, dan tren ini masih berlanjut hingga pertengahan 2024. Kepala BNPT RI, Komjen Pol. Prof. Dr. H. Mohammed Rycko Amelza Dahniel, M.Si., menjelaskan bahwa kinerja baik ini dicapai di tengah tren penyusutan anggaran yang diterima lembaganya. Pada 2023, BNPT menerima anggaran sebesar Rp430 miliar, dengan lebih dari 99% terserap untuk berbagai program penanggulangan terorisme. “Serapan anggaran BNPT tahun 2023 sebesar Rp426,9 miliar atau 99,28%, yang digunakan secara maksimal seluruhnya untuk program kerja BNPT,” jelasnya.

Rycko menambahkan bahwa target kinerja BNPT di berbagai bidang telah memenuhi dan bahkan melampaui 100% target capaian. Pada bidang pencegahan, perlindungan, dan deradikalisasi, capaian melampaui target meski dengan keterbatasan anggaran. Hal ini dilakukan melalui efisiensi, optimalisasi anggaran, dan kolaborasi dengan kementerian, lembaga, serta organisasi masyarakat sipil.

“Bidang penindakan dan pembinaan kemampuan pada tahun 2023 juga memenuhi semua target yang ditetapkan melalui kerja sama dengan kementerian dan lembaga terkait, serta kegiatan pemberantasan tindak pidana terorisme, seperti pembentukan pilot project Desa Siapsiaga dan pelatihan aparatur, operasi intelijen, dan perlindungan aparat penegak hukum,” paparnya.

Dalam bidang kerja sama internasional, BNPT memberikan kontribusi positif dalam memperkuat ketahanan nasional, regional, dan global dengan capaian target 100% melalui 14 kesepakatan dan 8 rekomendasi kebijakan sepanjang tahun 2023, di tengah tantangan ketidakstabilan politik dan keamanan global.

Editor: Agusto Sulistio

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *